Jumat, 18 November 2016

TRADISI

7 Agustus 2015

Ramai berita mengenai terobosan Pak Anis Baswedan untuk menghapus perpeloncoan saat ospek masuk sekolah. Suatu tradisi yang sudah berlangsung sangat lama. Dan mungkin dianggap biasa walau beberapa kali kita temukan korban berjatuhan dari acara tersebut. Keburukan yang dianggap biasa, seperti misalnya menyontek, korupsi atau berhubungan di luar nikah muncul karena penanganan yang kurang menyeluruh, setengah hati dan hanya berlaku untuk kalangan tertentu (ingat peribahasa pisau tajam ke bawah tumpul ke atas).

Butuh kesadaran dan ketelitian seorang pemimpin untuk menganalisis kebiasaan-kebiasaan masyarakat mana yang penting untuk diperbaiki. Bahkan sesuatu yang remeh sekalipun dapat berdampak besar ketika telah menjangkiti persepsi masyarakat secara masif, bahkan menjadi tradisi. Kebaikan manusia lahir dari keyakinan dan persepsinya akan peran dan hidup yang baik pula.

Tugas utama guru, menurut William James, adalah membentuk kebiasaan dan tradisi yang baik pada diri siswa. Saya yakin itu berawal dari persepsi dan keyakinan guru akan perannya sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar