Selasa, 22 November 2016

BEDA ITU INDAH

1 Oktober 2015

Pernikahan salah satu hikmahnya bagi saya adalah mengajari tentang sesuatu yang tersembunyi di balik perbedaan. Dalam obrolan sehari2 sering saya dan istri menganalisis banyaknya perbedaan yang kami punya. Mulai dari selera makan, hobi, kemampuan sosial hingga berbagai hal yang tidak disukai. Sekilas, beda itu rumit, bikin masalah dan tidak menyenangkan.
Tujuh tahun berlalu setelah pernikahan kami. Terlihat istri saya banyak berubah, atau lebih tepatnya ia berusaha keras untuk berubah. Mulai dari selera makan, cara bersikap hingga keinginan2 yang ingin diraihnya. Semua ia sesuaikan dengan kondisi saya, suaminya. Di situ saya melihat dan merasakan cinta kasih sayang. Saya jadi mengerti indah di balik perbedaan.
Allah tentunya bisa menciptakan kita yang sama tanpa perbedaan. Tapi sepertinya Dia hendak memberi kita hidup yang indah. Sesuai dengan maqam penghayatan masing-masing.
Kadang istri saya bertanya, apakah cinta dan sayang saya masih seperti dulu. Membayangkan semua yang telah dilakukannya, saya tidak pede untuk menjawab pertanyaan itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar