Kamis, 01 Desember 2016

MASIH HARUS BELAJAR LAGI

19 Februari 2016

Kening berkerut-kerut mendapati soal kelas dua SD yang dilontarkan ponakan saya. Tentang perbedaan merayap dan melata. “Sepertinya sama saja …” Keraguan akhirnya membuat kami bertanya pada mbah Google.
Ternyata beda, merayap masih menggunakan otot tungkai seperti kadal atau cecak, sedangkan melata benar-benar menggunakan otot perut seperti seekor ular. Karena itu gerak tentara disebut merayap bukan melata.
“Lucu ya, soal anak kelas 2 SD ternyata belum tentu bisa dijawab oleh lulusan S2. Kita memang masih harus banyak belajar lagi ya yah …” itulah akhirnya kesimpulan yang didapat oleh isteri saya.
Pikiran saya ingin sekali menjelaskan bahwa sekolah tidak membuat kita menjadi mesin penghafal. Tidak mungkin kita sanggup mengingat semua materi yang kita pelajari selama puluhan tahun tersebut dengan baik. Yang masih melekat adalah kemampuannya, yaitu bagaimana mencari, memilih dan mengolah informasi untuk memecahkan persoalan, serta berbagai skill yang kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Yang utama juga adalah membentuk karakter.
“Hehe iya!” Tapi toh kata-kata singkat itu yang keluar dari mulut saya. Bukankah ujung dari belajar, seperti halnya kegalauan yang dialami Einstein, adalah kesadaran bahwa kita hanya tahu ampasnya saja?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar